Fish

Kamis, 21 Maret 2013

Destinasi Wisata di Kabupaten Blora

Kabupaten Blora secara geografis merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang terletak pada BT 140 -150 -1110 116 s/d 1110 3380 LS 60 528 s/d 70 248, ketinggian + 500 m DPL, terendah 30 m DPL. Luas wilayah 1.820,588 Km atau = 182.058,797 Ha. Terdiri dari 271 desa 24 Kelurahan 16 Kecamatan.  Kabupaten Blora mempunyai etos kerja “BLORA” – Berani, Loyal dan Rasional. Dengan MOTTO PEMBANGUNAN “MUSTIKA” Maju, Unggul, Sehat, Tertib, Indah, Kontinyu, Aman. Atas partisipasi serta peran serta masyarakat, Kabupaten Blora   meraih beberapa kali Adipura, disamping itu terkenal dengan Obyek Wisatanya yang sangat menarik, Kesenian Daerah, Makanan Khas serta Industri Pariwisata yang indah dan menarik.

WISATA ALAM
OBYEK WISATA GOA TERAWANG,  Obyek wisata Goa Terawang terbentuk didalam endapan batu gamping pegunungan kapur utara, berumur kira-kira 10 juta tahun lalu, terletak di Desa Kedung Wungu, Kecamatan Todanan kab. Blora, berada di kawasan hutan KPH Blora berjarak 35 Km arah barat Kota Blora, mudah dicapai dengan kendaraan roda dua maupun  roda empat. Goa Terawang mempunyai panjang alur/terowongan terpanjang + 180 meter, terpendek + 70 meter. Lebar goa + 3-5 m, dengan kedalaman + 5-12 m di bawah permukaan tanah. Luas lingkungan obyek wisata Goa Terawang + 1 Ha dengan ketinggian + 172 m dari permukaan laut, suhu udara 80 C – 360 C, sedangakan luas areal keseluruhan obyek wisata Goa Terawang + 13 Ha.
GUBUG PAYUNG/LOKO TOUR,  Obyek Wisata Loko Tour adalah Paket perjalanan wisata yang menelusuri hutan jati wilayah KPH Cepu Kabupaten Blora, dengan menggunakan rangkaian kereta api yang ditarik lokomotif tua sebagai alat transportasinya. Lokomotif tersebut adalah lokomotif buatan Berliner Maschmenbaun, Jerman dengan tahun pembuatan tahuun 1928. Paket wisata Loko Tour Start Di Kantor Perhutani  Jl. Sorogo KPH Cepu + 35 Km kearah tenggara kota Blora. Jarak tempuh Loko Tour + 60 Km / jam.
WADUK GRENENG,  Obyek wisata Waduk Greneng merupakan obyek wisata alam berupa waduk terletak di Dukuh Greneng, Desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, + 12 Km kearah Barat laut Kota Blora. Obyek wisata ini mempunyai fungsi ganda yaitu fungsi utamanya sebagai irigasi tanah pertanian juga berfungsi sebagai pembesaran ikan air tawar. Karena letak lokasinya yang begitu indah dan menarik, serta berlatar belakang dekat dengan Hutan wilayah KPH Mantingan, menambah kesan keindahan suasana pemandangan alamnya, sehingga Obyek Wisata Waduk Greneng juga merupakan Obyek wisata yang banyak dikenal oleh masyarakat baik dari dalam maupun dari luar kota, khususnya kaum remaja yang mempunyai  hobi Memancing Obyek Wisata Waduk Greneng mempunyai hamparan yang luas + 45 Ha dengan terdapat beberapa macam Ikan jenis Air Tawar. Banyak masyarakat setempat yang menjajakan ikan hasil tangkapannya, dalam hal ini dapat menambah semaraknya suasana sekaligus sebagai daya tarik Obyek Wisata Waduk Greneng. Untuk mencapai Obyek Wisata dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

WISATA GEOLOGI
SUMUR MINYAK LEDOK,  Obyek Wisata Geologi merupakan wisata alam atau kegiatan wisata dibidang Ilmu kebumian dengan obyek wisata berupa lokasi atau daerah yang berkaitan dan berhubungan erat dengan Alum Geologi dan juga hasil-hasil yang disebabkan oleh proses geologi tersebut yang terkandung dan tersimpan didalam alam, seperti misalnya minyak dan gas bumi. Wisata Geologi ini berada di wilayah Kabupaten Blora dan sekitarnya, terletak di daerah perbukitan dan juga ditengah-tengah kawasan hutan jati yang lebat, namun sangat mudah dijangkau baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Summer minyak dan gas bumi di wilayah Kabupaten Blora pertama kali diketemukan oleh BPM pada tahun 1890, dengan jumlah sumur minyak + 468 buah, 112 buah sumur diantaranya masih dapat memproduksi minyak sebanyak + 16.550.790 m3. Sedangkan ladang gas bumi yang berada di sekitar wilayah Cepu.
SUMUR MINYAK NGLOBO,  Obyek wisata Geologi sumur minyak Nglobo terletak di wilayah kecamatan Jiken tetpatnya dari pertigaan Desa Cabak ke selatan + 3 Km. Sumur minyak Nglobo merupakan Sumur minyak peninggalan kolonial Belanda sehingga banyak dikenal dengan sebutan Sumur Pompa Angguk.

WISATA RELIGI
MAKAM BUPATI-BUPATI BLORA TEMPO DULU-NGADIPURWO,  Makam Bupati Blora tempo dulu merupakan Wisata Ziarah yang terletak di Desa Ngadipurwo Kecamatan  Blora + 7 Km kearah Kota Blora, mudah dijangakau baik dengan kendraan roda dua maupun roda empat. Dilokasi Makam terdapat beberapa makam Bupati diantaranya 8 (delapan) makam Bupati tempo dulu yang pernah menjabat /memerintah Pemerintah Blora dari tahun 1762 s/d 1925 antara lain : (1) R.T. Djayeng Tirtonoto, Bupati Blora Timur tang memerintah Tahun 1762 s/d 1782. (2) R.T. Prawiroyudo , Bupati Blora yang memerintah Tahun 1821 s/d 1823. (3) R.T. Tirtonegoro III , Bupati Blora yang memerintah Tahun 1823 s/d 1842. (4) Joyonegoro Putra Bupati Bojonegoro  (5) R.M.T.Cokronegoro II yang memerintah tahun 1857. (7) R.M.T.A. Cokronegoro III yang memerintah Tahun 1885 s/d 1908 (8) R.A.A. Said Abdul Kodar Djaelani yang memerintah tahun 1885 s/d 1908, karena jasa jasanya sampai sekarang banyak peziarah yang berkunjung kesini . disamping itu, setiap tahun juga diadakan Upacara Ziarah yang dikaitkan dengan kegiatan peringatan hari jadi Kab. Blora pada tanggal 11.
MAKAM KYAI ABDUL KOHAR – NGAMPEL ,  Makam K.H Abdul Kohar terletak di desa Ngampel kecamatan Blora + 10 Km utara Kota Blora, untuk mencapai lokasi makam sangat mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat , letaknya dekat dengan jalan besar jurusan Blora – Rembang. Didalam salah satu buku sejarah K.H Abdul Kohar tahun 1551, di Negara Bintoro Deman Jawa Tengah ada ratu bernama Sultan Demak yaitu Raden Trenggono , punya putri kawin dengan Raden Jaka Tingkir, Bupati Penggingdaerah Sala Pajang bernama Rade Hadiwijaya. Raden Jaka Tingkir punya putra bernama Hadiningrat, punya putra bernama Raden Sumahadinegara. Raden Sumahadinegara punya tiga putra :    - Mbah K.Ageng Mruwut Tuban, -Panjenenganipun Mbah Waliyullah Abdul Kohar Ngampel Gading Blora. – Panjenenganipun Waliyullah Mbah K. Abdullah Mutamaqin Kajen Tayu Pati Jawa Tengah .  Mbah K.H Abdul Kohar pada saat hidupnya selalu mengembra kemana-mana untuk mencari ilmu dan menyebarkan agama islam, yang akhirnya bertemu dengan orang yang sudah tua bernama K. Noor Feqih yang menyarankan supaya jangan selalu mengembara. Dengan sejarah yang panjang akhirnya Mbah K.H Abdul Kohar bertempat tinggal di desa Ngampel, dimulai dengan babat hutan , mendirikan masjid, pondok pesantren , dll. Mbah Abdul Kohar akhirnya meninggal dan  dimakamkan di Ngampel. Sampai sekarang setiap tanggal 15 Suro (tahun jawa) selalu diadakan Khaul Ngampel yang banyak dikunjungi mastarakat/wisatawan  baik didalam maupun diluar daerah.
MAKAM SUNAN POJOK,  Makam Sunan Pojok terletak di jantung Kota Blora dekat dengan alun-alun Kota Blora, tepatnya berada di sebelah Utara pasar kota Blora,, sangat strategis dan mudah dijangkau baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Menurut data inventaris kepurbakalaan dan Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Blora serta hasil dari pendapat sebagian tokoh masyarakat mengenai data-data makam para tokoh Pemerintahan dan Keagamaan pada waktu dulu, merupakan awal pemerintahan di Kabupaten Blora . Barangkali dari sini dapat digambarkan asal mula Kabupaten Blora. Makam Sunan Pojok adalah Makam Pangeran Surobahu Abdul Rohim . Sebelumnya beliau adalah seorang Perwira di Mataram yang telah berhasil memadamkan kerusuhan di daerah pesisir utara atau tepatnya di daerah Tuban. Sekembalinya dari Tuban diperjalanan beliau jatuh sakit dan meninggal dunia di desa Pojok Blora. Menurut seorang ahli makam, Mbah Sobib dari Desa Bugel Manganti, Kec. Pecangan Kab. Jepara , Pangeran SurobahuAbdul Rohim juga punya nama kecil yaitu Benun (Mbah Benun). Karena jasa-jasa Sunan Pojok, maka putranya yang bernama Jaya Dipa diangkat sebagai Bupati Blora yang pertama (Dinasti Surobahu Abdul Rohim)., setelah wafat digantikan oleh putranya yang bernama  Jaya Wirya, kemudian oleh Jaya Kusumo keduanya setelah wafat dimakamkan dilokasi makam Pangeran Pojok , Kauman. Makam Makam Sunan Pojok seringdikunjungi/diziarahi oleh banyak masyarakat pada malam jum’at pon, setiap kegiatan Khaul tanggal 27 Sura (tahun jawa)serta pada saat hari jadi Kab. Blora dilaksanakan tanggal 10 Desember.
MAKAM EYANG JATIKUSUMO & EYANG JATI SWARA,  Makam Jati Kusumo dan Jati Swara terletak di Desa Janjang Kec. Jiken, + 31 Km kearah tenggara dari kota Blora atau + 10 Km dari Kec. Jiken, mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Dengan luas area + 1 Ha yang di dalamnya terdapat  Makam Jatikusumo dan Jatiswara. Makam Rondo Kuning (Putri yang tergila-gila ingin diperistri oleh kedua bangsawan tersebut). Empat  makam sahabat bangsal sejati, guci berisi air (dianggap punya karomah). Batu persujudan dan juga bangsal untuk pertunjukkan Wayang Krucil . menurut cerita rakyat setempat Pangeran Jatikusumo dan Jatiswara adalah Dua bersaudara kakak beradik putra dari Sultan Pajang, mempunyai kesaktian yang tinggi suka menolong orang lain, suka mengembara kemana-mana dengan tujuan menyebarkan agama Islam. Terbukti adanya bangunan Masjid disana karena jasa-jasanya. Sebagai kelanjutan dan kesinambungan antara masyarakat Janjang dengan kedua tokoh tersebut , setiap 1 tahun sekali diadakan Upacara khusus yaitu Upacara Manganan. Janjang yang merupakan penggambaran sifat kegotong royongan masyarakat dan rasa syukurkarena panen padi yang melimpah. Upacara Manganan Janjang dilaksanakan setiap Jum’at pon juga banyak dikunjungi masyarakat baik dari dalam maupun luar daerah dengan tujuan tertentu, bahkan banyak wisatawan yang berkunjung kesana pada saat Upacara Manganan Janjang.

DESA WISATA TEMPURAN
WADUK TEMPURAN,  Obyek wisata Waduk Tempuran merupakan obyek wisata yang keberadaanya melingkari  perbukitan di Dusun Juwet, Desa Tempuran, Kecamatan Kota Blora sehingga Nampak seolah-olah keberadaan Dusun Juwet berrada terapung diatas waduk. Untuk sampai mencapai lokasi Obyek Wisata Waduk Tempuran + 10 Km arah Timur dari Kota Blora. Luar area Obyek Wisata Waduk Tempuran +4.675 Ha. Kawasan objek Wisata Waduk Tempuran mempunyai multiguna yang fungsinya disamping sebagai irigasi tanah pertanian dan lahan perikanan, juga sangat cocok sebagai pembinaan olahraga Dayung dan pengembangan kepariwisataan, karena lokasinya yang begitu indah dan menarik. Sebagai pendukung kepariwisataan antara lain : - Adanya tempat pembibitan ikan air Tawar dengan system keramba. – Tempat berlatih Atlit-atlit Dayung kabupaten Blora yang sudah mampu berbicara baik ditingkat Nasional maupun Internasional. – Berkembangnya jasa/usaha-usaha di bidang kepariwisataan, sebagai contoh dengan keberadaan rumah makan lesehan dan tempat pemancingan Café Campursari. Home Stay, Water Boom, Sepeda Air, Panggung Hiburan, Sentra Industri makanan khas Blora.

DESA WISATA JEPON
INDUSTRI KERAJINAN DEKRANASDA,  Desa Wisata Jepon terletak di  sebelah timur kota Blora-Cepu Km 7. Desa wisata Jepon banyak menghasilkan kerajinan khas daerah kabupaten Blora berupa bubut kayu jati, dengan berbagai macam bentuk yang sangat menarik. Hasil produksi kerajinan khas Blora ini mempunyai mutu yang baik sehingga banyak dipesan masyarakatsampai ketingkat nasional bahkan mancanegara.

TAMAN REKREASI
TAMAN 1000 LAMPU CEPU,  Obyek wisata Taman 1000 lampu terletak pada di jantung kota Cepu, saat malam hari banyak pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai aneka masakan khas kota Cepu msupun minuman penghangat seperti :  wedang kopi, wedang jahe, wedang susu, wedang jeruk, wedang bandrek, dll. Sambil menikmati alunan music para pengamen jalanan para pengunjung juga bisa menikmati keramaian kota Cepu dan indahnya taman 1000 lampu di malam hari.
TAMAN TIRTONADI,  Obyek wisata Taman Budaya dan Seni Tirtonadi merupakan Taman Rekreasi yang banyak diminati khususnya bagi ramaja dan anak-anak yang letanya berada dijantung kota Blora , tepatnya di Jalan Sudarman Blora. Obyek wisata ini pernah mengalami kejayaan hingga akhir tahun 60-an yang pada saat itu banyak dikenal masyarakat dengan sebutan Kebun Binatan Tirtonadi karena banyak satwa yang dipelihara,. Obyek wisata yang pernah mengalami kejayaan dan sudah banyak dikenal oleh masyarakat ini memang pantas berbenah diri untuk mencapai kejayaan lagi. Fasilitas yang dimiliki antara lain : Kolam Renang Anak dan Dewasa, Water Boom “Blumbang Kecek” , Panggung Hiburan Pantisari dan lain-lain.
WATER SPLASH TAMAN M.SARBINI,  Obyek Wisata Water Splash Taman M.Sarbini merupakan Obyek Wisata Taman Rekreasi, Gelanggan Remaja dan anak-anak yang letaknya berada di tengah-tengah kota, tepatnya berada di Jl. A. Yani Blora, Kelurahan Tempelan yaitu sebelah Timur Gedung DPRD Blora atau sebelah Barat Lapangan Sepak Bola Kridosono Blora. Obyek Wisata Taman Sarbini merupakan Obyek wisata yang strategis dan cocok untuk bersantai melepas lelah bagi keluarga, karena letaknya yang berada di tengah-tengah kota sehingga mudah dijangkau kendaraan roda dua maupun roda empat. Sarana yang menunjang antara lain : mainan ank –anak, waterboom, film 3 dimensi, flying fox, bom bom car, perpustakaan /ruang baca serta Gelanggang, Olahraga dan Panggung Kesenian, sehingga menambah pengunjung semakin asyik dan berkesan dalam bersantai ria.

WISATA BUDAYA
1.       Seni Tayub
2.       Seni Barong

 WISATA KULINER
1.       Pondok Sate
2.       Ayam Goreng Mak Gogok
3.       Café Tempuran
4.       Rumah Makan Gajah
5.       Rm. Tunas Asri
6.       Café In Tempuran
7.       Café Bambu Sanjaya

CALENDER EVENT
1.       Kirab budaya hari jadi
2.       Parade seni budaya
3.       Manganan janjang
4.       Selonan tempuran
5.       Suran mlangsen
6.       Camporan kunden
7.       Sedekah bumi ledok

AKOMODASI
1.       Hotel Adhi Jaya Jl. Agil Kusumadyo 50-52 Blora (0296) 532013
2.       Hotel Air Mancur Jl. Dr. Sutomo Blora (0296) 531271
3.       Hotel Al Madhina Jl. Alun-alun Barat 1 Blora (0296) 531809/533435
4.       Hotel Blora Indah Jl. Sudarman 4 Blora (0296)531170
5.       Hotel Kencana Jl. Pemuda no.59 Blora (0296) 531123
6.       Hotel Kini Jaya Jl. Gatot Subroto 72 Blora (0296)533085
7.       Hotel Kurnia Jl. Pemuda  51 Blora (0296) 531123
8.       Hotel Santoso Jl. Pemuda 79 Blora (0296) 531216
9.       Hotel Sumber Rejeki Jl. Ahmad Yani 2A Blora (0296) 531035
10.   Hotel Wijaya Jl. Ahmad Yano (0296) 531725
11.   Hotel Cepu Indah I Jl. Diponegoro 46 Cepu (0296) 423899
12.   Hotel Cepu Indah II Jl. Diponegoro 32 Cepu (0296) 424040
13.   Hotel Grand Cepu Jl. Pemuda 70A Cepu (0296) 424040
14.   Hotel Grand Mega Jl. Tambakromo 27 Cepu (0296) 423999
15.     Hotel Lawu Jaya Jl. RSU 36 Cepu (0296) 421228
16.   Hotel Mega Biintang Jl. Ronggolawe 103 Cepu (0296) 421275
17.   Hotel Miranda Jl. Pahlawan 11-13 Cepu (0296) 421359
18.   Hotel Nasional Jl. Pahlawan 14 Cepu (0296) 421123
19.   Hotel Ronggolawe Jl. Ronggolawe 57 Cepu (0296) 4213896
20.   Hotel Top Star Jl. Statiun Kota 22 Cepu (0296) 421083
21.   Hotel Tuna Asri Jl. Ketapang Selatan 3 Cepu (0296) 424082
22.   Hotel Widhutama Jl. Ronggolawe93 Cepu (0296) 422276
23.   Hotel Borobudur Jl. Surabaya 57 Cepu (0296) 421550
24.   Cottage Kampung Singgahan Tempuran, Obyek wisata Waduk  Tempuran  081390892280
25.   Home Stay Simpang Tujuh Jl. Ronggolawe 48 Cepu (0296) 421010

BIRO PERJALANAN WISATA
1.       Bima Tour Jl. GOR Mustika 081326213776
2.       DeView Jl. RA. Kartini 31b Blora
3.       Nirina Tour Jl. Raya Blora-Cepu Km. 4,5 Seso Jepon Blora
4.       Mustika Wisata Jl. Raya Todanan Rt02/03 Todanan Blora
5.       Berlian Tour Jl. Raya Blora – Ngawen Blora (085290167718)
6.       Budi Tour Jl. Raya Ngawen Rt03/03 Ngawen Blora
7.       Blora Tour Jl. Gatot Subroto 67 Blora (0296) 533470
8.       MKA Tour Jl. Gunung Lawu 9B Blora (0296) 5332206
9.       Ernita Tour Jl. Purwodadi – Blora 19 Ngawen Blora (0296) 362328

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar