Jumat, 15 Agustus 2014

Destinasi Kabupaten Brebes



Kabupaten Brebes merupakan  salah satu  Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang secara geografis berada di bagian Utara paling Barat dari Provinsi Jawa Tengah dengan posisi 6 derajat 44’56,5”-7 derajat 20’51,48” Lintang Selatan dan 108 derajat 41’37,7”-109 derajat 11,51’48” Bujur Timur.
Batas – batas wilayah : Sebelah Utara : Laut Jawa, Sebelah Selatan : Kab. Banyumas, Sebelah Barat :Prov. Jawa Barat, Sebelah Timur : Kab. Dan Kota Tegal.
Secara geografis Kabupaten Brebes terbagi dalam tiga wilayah. Yakni, Pantura (dataran rendah/pantai) dengan ketinggian 3 meter dari permukaan laut, Wilayah Tengah dengan ketinggian rata-rata 162 meter dari permukaan laut. Secara administrative Pemerintah Kabupaten Brebes terdiri dari 17 Kecamatan, 292 Desa, 5 Kelurahan, 1.615 RW dan 8.002 RT.

WISATA ALAM
PANTAI RANDUSANGA INDAH
Destinasi wisata ini terletak di sebelah utara Ibukota Kabupaten Brebes, berjarak sekitar 5 Km. Tempat wisata ini menawarkan keindahan panorama laut jawa. Selain bisa menikmati terbit dan tenggelamnya matahari, di obyek wisata ini kita bisa berwisata perahu mengarungi laut dan menikmati wisata kuliner dengan menu khas ikan bakar.
WADUK MALAHAYU & PENJALIN
Waduk Malahayu berada di Desa Malahayu, Kecamatan Banjaharjo, berjarak sekitar 12 Km selatan Kota Kecamatan Tanjung (Brebes-Cirebon). Tempat itu merupakan  destinasi wisata air dengan panorama alam yang memukau, ditambah beberapa pulau kecil ditengah waduk. Selain menjadi favorit para pemancing. Waduk Malahayu juga dilengkapi Bumi Perkemahan. Di sekitar waduk juga bisa dijumpai perajin keramik khas Malahayu. Waduk Penjalin yang berada di Desa Widuaji Kecamatan Paguyangan  merupakan destinasi wisata air bagi keluarga dengan nuansa sejuk dan panorama pegunungan yang indah. Selain bisa menikmati wisata perahu keliling waduk, kita juga bisa memancing di destinasi wisata itu.
PEMANDIAN AIR PANAS
Cipanas dan Tirtahusada  merupakan destinasi  wisata pemandian air panas yang berada di wilayah selatan Kabupaten Brebes. Cipanas  letaknya di Desa Pangebatan, Kecamatan Bantarkawung berjarak 70 Km dari Ibukota Kabupaten Brebes. Sedangkan Tirtahusada berada di Desa Kedungoleng, Kecamatan Paguyangan berjarak 75 Km dari Ibukota Kabupaten. Kedua tempat destinasi  itu mempunyai daya tarik pamandangan hutan pinus dengan hawa sejuk. Air panas di destinasi wisata tersebut mampu mengobati penyakit kulit, rematik dan beberapa penyakit lain.
KALIGUA DAN PANDANSARI VIEW
Destinasi wisata Kaligua, Telaga Raneng dan Pandansari View berada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan. Berjarak sekitar 10 Km dari Ibukota Kecamatan Paguyangan (Banyuwangi-Purwokerto). Destinasi wisata itu menawarkan pemandangan Alam Gunung Slamet dan perkebunan teh dengan hawa sejuk. Di tempat itu dilengkapi dengan berbagai sarana wisata, seperti Outbound, Villa dan Homestay. Selain itu, di kawasan tersebut kita juga bisa mengunjungi Tuk Bening, Goa Jepang, Goa Angin, Puncak Sakub dan beberapa destinasi wisata lain. Termasuk menikmati indahnya matahari terbenam di Pandansari View. Di destinasi wisata itu seakan di negeri awan.

WISATA BUDAYA
Brebes mempunyai berbagai destinasi wisata budaya. Selain Tarling dan Jaipong, ada juga kesenian Buroq, Sisisingaan, Kuntulan dan beberapa lainnya.

WISATA RELIGI
Makam Mbah Rubi terletak di Desa Klampok, Kecamatan Wanasari atau sekitar 3 Km arah barat Kota Brebes Merupakan Makam Ulama Besar yang dikeramatkan dan merupakan penyebar Agama Islam pertama di Brebes. Di kawasan itu terdapat juga komplek mantan Tantan Bupati Brebes. Makam Kyai Juned berlokasi di Desa Randusanga Wetan, sekitar 9 Km arah utara Kota Brebes. Kyai Juned merupakan Salah seorang Ulama besar yang ikut menyebarkan islam. Beliau mampir Brebes dalam  perjalanannya dari Demak menuju Cirebon.

WISATA KULINER
RM D’Angklo,
Ikan Bakar,
Kupat Blengong,
 RM Apung, Kepiting,
Sate Blengong.

CINDERAMATA
Telur Asin
Bawang Merah
 Keramik
Batik Salem
Rebana

AKOMODASI
Hotel Kencana -  Jln  Gajah Mada No.62 Telp. (0283)672001,
Hotel Dedy Jaya  - Jln. A. Yani No. 122 Brebes,
Hotel Tentrem  - Jln PNL No. 08 Bumiayu ,
Hotel Family Bru  - Jln. Dukuhturi  Bumiayu
Hotel Salsa  - Jln. Raya Bulakamba – Brebes (Bulakamba)
Hotel Dian  - Jln. Raya Tanjung  – Brebes (anjung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar